Diskusi tentang Desain - Peran Desainer (2)
Perubahan Peran Desainer (bagian 2)
Desain dan gambar
Pemisahan antara desain dan implementasinya menjadikan gambar desain keyrole untuk membangun sesuatu. Gambar harus informatif untuk menjadi kunci untuk membuat suatu benda. 
   Gambar 1.Gambar Desain terminal penumpang Bandar Udara Adi Sumarmo - Surakarta 
Terjadi proses drawing dan redrawing secara terus menerus sehingga permasalahan yang diperkirakan akan dicari solusinya terus-menerus. 'Perceptual span' memungkinkan desainer membuat banyak sekali solusi secara lebih baik dibandingkan solusi vernakular, memungkinkan eksperimen dan kebebasan kreativitas dan imajinasi.
Salah satu kekurangan gambar adalah keterbatasannya dalam menggambarkan hasil akhir dari desain. Denah tidak bisa menggambarkan dengan baik kondisi riil bangunan. Gambar juga tidak bisa menampilkan kondisi maupun dampak sosial yang sering kali tak terpikirkan atau tergambarkan saat mendesain.
Desain dan sains
Karena desain dengan gambar memiliki banyak kekurangan, maka dapat ditutupi dengan pendeketan sains dan psikologis. Pendekatan ini melalui metode 'collective control' atas aktivitas desain, bukan hanya mementingkan desain akhir namun juga prosedur yang dilakukan. Suatu desain bisa direplikasi dan dievaluasi, namun hal ini membuat suatu desain kehilangan originalitasnya dan ke-khas-annya. 
__________
Referensi literatur :
1) Lawson, Bryan. How Designers Think : The Design Process Demystified (Elsevier : 2005)

Comments
Post a Comment