Akses Sisi Darat Bandar Udara (Bagian 17 - Terakhir)

         

Moda Akses Bandara (bagian 17)

(3) Moda Angkutan Non-Konvensional - bagian 2 (terakhir)

Contoh moda non-konvesional lainnya adalah Orlyval di Perancis. Kira-kira 2,5 juta penumpang diangkut melalui Orlyval Shuttle setiap tahun antara Paris - Orly Airport dan RER Station Antony Line B. Orlyval dibuka pada Oktober 1991 dan merupakan jalur yang fully automated. Namun sayangnya, orlyval tidak terintegrasi dengan sistem keretaapi lokal.




   Gambar 1.Orlyval  Paris (atas) dan Maglev Pudong (bawah)


Contoh moda transportasi non-konvensional selanjutnya adalah Transrapid System yang sudah beroperasi sejak 2003 antara Pudong Shanghai International Airport menuju ke Shanghai Lujiazui financial district (China). Kereta maglev khusus ini menempuh jalur 30 km dalam waktu kurang dari 10 menit dengan kecepatan optimal 432 km/jam saat menit ke 6 atau 7 perjalanan. Kereta maglev membutuhkan jalur khusus dan kereta "terangkat" secara magnetik dan didoronmg menggunakan daya elektromagnetik. Pembangunan kereta maglev membutuhkan biaya yang sangat tinggi.

Contoh moda transportasi non-konvensional yang lainnya (non-kereta) adalah helikopter. Helikopter tidak membutuhkan perencanaan yang rumit namun sayangnya menimbulkan kebisingan yang cukup tinggi, dan rute terbangnya pun sulit untuk ditentukan kecuali rute non-conflicting dapat dibuat. Helikopter juga terbang rendah, sehingga kebisingan yang timbul pada masyarakat yang tinggal di jalurnya akan tinggi serta masyarakat akan merasa was-was karena seperti diawasi melalui helikopter. Karena alasan-alasan seperti inilah jalur heli bandara antrara Heathrow/Gatwick ditiadakan.









__________
Referensi literatur :
1) Kazda,Antonin; Caves, Robert E. Airport Design and Operation. 2nd Edition. (Elsevier : 2007)



Comments

Popular Posts