Akses Sisi Darat Bandar Udara (Bagian 13)
Moda Akses Bandara (bagian 8)
(2) Keretaapi - bagian 4 - Persaingan antara keretaapi dan pesawat udara
Keretaapi seringkali menjadi moda transportasi pesaing bagi pesawat udara khususnya untuk jarak dekat dan menengah, khususnya dengan tersedianya long distance high speed railway trasport (keretaapi cepat jarak jauh). Pembangunan jalur keretaapi cepat serta peningkatan kualitas dari angkutan keretaapi akan mendukung persaingan antara angkutan udara dan keretaapi. Tak jarang, penumpang yang merasa direpotkan dengan peraturan keamanan penerbangan yang mengekang dan seringkali mempersulit dan tidak menyenangkan serta berbagai kemungkinan tundaan perjalanan dan waktu pemrosesan yang lama pada bandar udara akan memilih menggunakan moda keretaapi ketimbang pesawat udara. Meskipun demikian, frekuensi penerbangan antara Paris-Lyon mengalami peningkatan dari 11 menuju ke 14 perhari (2015) meskipun waktu tempuh kereta cepat hanya sekitar 1 jam 54 menit. Selain itu, penerbangan dari Tokyo-Osaka adalah 56x perhari (2015) mengimbangi keretaapi Shinkansen Hikari yang ultra cepat.
Gambar 1.Shinkansen Hikari dari Kyoto menuju Tokyo
Perkembangan perkeretaapian tergolong lambat di Amerika Serikat dan Kanada karena car culture yang kental serta isu dari dampak lingkungan pembangunnan jalur baru pada daerah berpopulasi tinggi. Kota Atlanta memiliki sitem MARTA meuju ke Hartsfield-Jackson Airport; New York JFK terhubungkan dengan sistem metro dan heavy rail networks melalui sistem Air Train-nya sedangkan San Fransisco memiliki BART link menuju ke Oakland Airport menggunakan shuttle bus dan dikembangkan menuju ke San Fransisco International Airport. Beberapa bandara lainnya seperti: Chicago, Denver, dan Toronto memiliki rencana pengembangan jalur keretaapi bandara yang diarahkan melalui kebijakan untuk mengurangi emisi dan kemacetan.
__________
Referensi literatur :
1) Kazda,Antonin; Caves, Robert E. Airport Design and Operation. 2nd Edition. (Elsevier : 2007)
Comments
Post a Comment