Akses Sisi Darat Bandar Udara (Bagian 4)
Kategori Pengguna Transportasi Darat Bandara
Akses bandara tidak hanya dibutuhkan oleh penumpang namun juga oleh kelompok pengguna lainnya. Jumlah pekerja yang menglaju ke bandara setiap hari berjumlah seperempat hingga setengah pax bandara pada bandara menengah dan besar. Sebagai tambahan, biasanya terdapat pengantar dan penjemput yang seringkali jumlahnya bisa jadi lebih banyak dibandingkan penumpang yang diantar serta pengunjung bandara yang jumlahnya mencapai 5-10 persen total pengguna bandara. Jalan dan angkutan umum juga harus mampu mengakomodasi transport lokal non-airport.
Perlu ditekankan bahwa penumpang pesawat memiliki faktor lain yang sangat membedakan dengan kelompok pengguna lainnya, dan ini bervariasi berdasarkan kasus yang dilayani. Misalnya, untuk para pelaku bisnis, sangat diperlukan transportasi yang cepat dan andal, misalnya dalam bentuk Heathrow Express di London. Oleh karena itu diperlukan pembeda kategori penumpang transportasi darat bandara dengan faktor-faktor seperti:
- alasan perjalanan
- tipe penerbangan (berjadwal atau charter, short haul atau long haul )
- durasi tinggal/singgah
- faktor sosio-ekonomi (pendapatan, umur, pekerjaan, banyaknya anggota keluarga, kepemilikan kendaraan pribadi
Gambar 1. Airport user experience (Sumber: Ben Kraal, 2015 (https://uxaustralia.com.au/))
__________
Referensi literatur :
1) Kazda,Antonin; Caves, Robert E. Airport Design and Operation. 2nd Edition. (Elsevier : 2007)
Comments
Post a Comment