Mengenal Bangunan Terminal Bandar Udara (bagian 10)

      

Proses Penanganan Penumpang dan Bagasi - Proses Penanganan Penumpang (bagian 1)

Proses penanganan penumpang dan bagasinya akan sangat berbeda pada tiap bandar udara, bergantung dari karakteristik penumpang serta peraturan yang berlaku di negara masing-masing. Perbedaan paling mendasar adalah penanganan penumpang domestik dan internasional dikarenakan perlunya penanganan imigrasi (border control) untuk internasional. 

Untuk penerbangan di Uni Eropa terdapat tiga jenis pengecekan border:

  • border antara negara Uni Eropa dengan negara-negara di luar Uni Eropa : penanganannya sama seperti sebelumnya;
  • border antara sesama negara Uni Eropa : pergerakan barang bebas, pergerakan penumpang harus melalui pemeriksaan;
  • border antara sesama negara Uni Eropa yang telah menandatangani perjanjian Schengen: dianggap seperti penerbangan domestik;
Perbedaan cara penanganan penumpang disebabkan oleh penanganan bea cukai, paspor, keselamatan dan kesehatan yang berbeda-beda untuk tiap negara. 

Untuk keberangkatan penumpang, terdapat dua metode cek-in yaitu: (1) cek-in untuk penerbangan tersendiri dan (2) common cek-in.

Pada cek-in untuk penerbangan tersendiri, penumpang dari penerbangan tertentu ditangani oleh satu atau beberapa konter yang dipesan untuk penerbangan tersebut. Data penumpang dan status pemesanan untuk keperluan loading bagasi bisa didapatkan secara manual maupun by system. Kadang penanganan secara manual bisa mempercepat karena tidak harus mengakses central booking system. Penerbangan charter dan Low Cost Carrier (LCC) menggunakan sistem cek-in ini namun dengan lebih sedikit konter. Jumlah bagasi yang banyak serta konter yang sedikit akan menimbulkan antrian panjang pada konter. LCC juga kebanyakan tidak bisa memilih kursi sebelumnya dan bergantung pada waktu/urutan cek-in dan antrian biasanya terjadi sejak 2 jam sebelum penerbangan dimana konter cek-in baru dibuka. Konter cek-in sekarang ditutup kurang lebih 30-40 menit sebelum waktu keberangkatan sehingga kira-kira untuk 180 pax beserta bagasinya harus diproses selama 80 menit dengan hanya 2 konter. Untuk mengurangi antrian, beberapa maskapai menerapkan bagasi berbayar serta waktu cek-in 3 jam sebelum keberangkatan. 


Gambar 1. Konter cek-in Lion Air (salah satu penerbangan LCC di Indonesia) di Bandar Udara Adisutjipto, Yogyakarta, 2019
(Sumber: https://jogja.tribunnews.com/2019/01/24/bagasi-berbayar-lion-air-resmi-diberlakukan-sejumlah-penumpang-akui-keberatan)




__________
Referensi literatur :
1) Kazda,Antonin; Caves, Robert E. Airport Design and Operation. 2nd Edition. (Elsevier : 2007)

Comments

Popular Posts